Jumat, 13 September 2013

Ini makna “Syiah” yang melekat pada Unsyiah




MAKNA “Syiah” yang melekat pada Universitas Syiah Kuala bukan berarti Syi’ah atau berpaham Syi’ah. Hal ini diungkapkan oleh dosen Jurusan Sejarah FKIP Universitas Syiah Kuala, TA Sakti, kepada ATJEHPOSTcom, Kamis siang, 12 September 2013.

“Bukan Syi’ah atau paham Syi’ah. Tapi memang kita akui banyak masyarakat maupun orang luar Aceh sering salah sebut. Mereka sering mengatakan Universitas Syi’ah Kuala,” kata TA Sakti.

Menurut dosen yang menggemari hikayat Aceh ini, makna Syiah sebenarnya adalah sebutan untuk ulama yang tersohor.

Syiah dilekatkan untuk ulama yang kharimatik serta memiliki tingkat ilmu yang luar biasa. “Jadi untuk Syech Abdul Rauf kemudian disemaikan sebutan dengan Syiah yang berarti ulama dengan tingkatan ilmu yang tingkat ilmu yang luar biasa,” kata TA Sakti.

Sebelumnya diberitakan, dosen Universitas Syiah Kuala itu juga mengaku mendukung rencana pergantian nama civitas itu dalam perubahan statuta.

“Kita mendukungnya. Karena selama ini dalam beberapa pertemuan diluar, sering ada kesilapan dalam pemanggilan, dari Syiah menjadi Syi’ah,” kata TA Sakti.

Menurutnya, jika pergantian ini demi kebaikan maka harus dilakukan. Apalagi, Unsyiah merupakan salah satu universitas terbesar di Sumatra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar