Sabtu, 07 September 2013

Kampus Unsyiah Gayo Lues Rampung, Direncanakan Jadi Fakultas Kehutanan


Gedung kampus Universitas Syiah (Unsyiah) yang terletak di Blangnangka, Kecamatan Blangjerango, Kabupaten Gayo Lues (Galus) telah rampung dibangun. Direncanakan, kampus ini akan menjadi Fakultas Kehutanan, seiring negeri seribu bukit itu masih terdapat hutan belantara yang perlu dilestarikan.
Bupati Gayo Lues, Ibnu Hasim, Sabtu (6/9) menegaskan kompleks kampus yang telah rampung dibangun harus segera diresmikan dan dioperasikan pada tahun ini juga. Dia kembali menegaskan bahwa tim percepatan operasional kampus harus bekerja keras untuk merampungkan seluruh masalah, terkait pembukaan kampus.

“Pemkab Galus akan terus berupaya agar kampus ini bisa segera diresmikan dan dioperasikan pada tahun ini juga,” ujarnya. Dia menjelaskan, soal dana operasional kampus akan dikonsultasikan kembali dengan pihak Unsyiah dan  menjadi tugas tim percepatan pengoperasional yang telah terbentuk untuk membicarakannya kembali.

“Seluruh gedung, bersama sarana pendukung, seperti air bersih dan jaringan listrik sudah tersedia,” jelasnya. Dia menambahkan, sarana lainnya, jalan lingkar dalam lingkungan kampus, sebagian besar telah diaspal dan sisanya terus dipacu penyelesaiannya.

Sedangkan sarana pendukung lainnya, seperti jaringan komunikasi dari Telkom belum ada, tetapi bisa disiasati dengan jaringan telelpon selular. Disebutkan, anggaran untuk pemasangan listrik kampus mencapai Rp 1,5 miliar lebih.

Begitu juga halnya dengan jaringan air bersih dari PDAM, serta mobiler kampus, berupa 200 set kursi. “Untuk tahap awal, operasional kampus sudah memadai untuk memulai perkuliahan,” klaimnya. Dia menyebutkan, pihaknya telah mengusuhkan pembukaan Fakultas Kehutanan dengan program studi SI
Konservasi Hutan dan S1 Keanekaragaman Hayati ke pihak Unsyiah.

Sebelumnya dilaporkan, Kampus Unsyiah di Kabupaten Gayo Lues yang akan dibuka tahun ini dan siap menampung 3.000 mahasiswa mulai ajaran baru tahun ini. Kampus yang terletak di Desa Blangnangka, terus dibenahi oleh Pemkab Galus, mulai dari pembersihan lingkungan, suplai air bersih dan listrik, serta lainnya, termasuk mobiler.

Bupati Gayo Lues (Galus) Ibnu Hasim, Selasa (19/3/2013) menyatakan seluruh persiapan kampus terus dilakukan, agar saat dibuka pendaftaran  tahun ini berjalan lancar. Untuk sistim penerimaan belum bisa diputuskan, melalui jalur umum atau juga khusus.


fasilitas kampus
* Gedung ruang kuliah umum
* Gedung rektorat
* Masjid
* Jalan lingkar
* Kantin
* Air Bersih
* Jaringan listrik
* Telepon belum ada

sumber : http://aceh.tribunnews.com/2013/09/07/kampus-unsyiah-galus-rampung.

1 komentar:

  1. Untuk fasilitas tahun ini sudah lengkap atau belum seperti jaringan telepon, atm, kosan disekitarnya?

    BalasHapus