Rabu, 10 Juli 2013

FKIP Unsyiah Terima Sarjana Pengabdi di Desa Tertinggal

Jika anda sarjana S1 lulusan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) terakreditasi di seluruh Indonesia, khususnya di Aceh, dan berminat ikut dalam program Sarjana Mengabdi di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T), segeralah mendaftar sebagai calon guru SM3T.

Pendaftarannya telah dimulai secara online sejak 1 Juni 2013 melalui laman: www.sm-3t.dikti.go.id dan akan ditutup tanggal 15 Juli 2013 pukul 00.00 WIB. "Segala informasi SM3T tersedia di laman tersebut," kata Ketua Program Indonesia Maju Bersama SM3T di FKIP Unsyiah, Dr Jailani AR MPd kepada Serambinews.com di Banda Aceh, Rabu (9/7/2013).


Sebagaimana pernah diinformasikan di Serambi awal 1 Juni lalu, program SM3T ini merupakan program rintisan Dikti Kemdiknas dan beberapa LPTK di Indonesia, salah satunya FKIP Unsyiah. Tujuannya, untuk merekrut dan menempatkan guru-guru (non-PNS) pada daerah berkualifikasi 3T di seluruh Indonesia selama satu tahun.

Setelah masa bakti setahun berakhir, mereka yang memenuhi syarat akan memasuki pendidikan lanjutan yang dinamakan Program Profesi Guru (PPG) selama lebih-kurang setahun lagi. Sistem pendidikannya berasrama dan biaya pendidikannya ditanggung semua oleh negara. Termasuk biaya seleksi, pembekalan, pemberangkatan, biaya hidup setahun di tempat tugas, maupun dalam pendidikan PPG.

Sekretaris Pelaksana SM3T di FKIP Unsyiah, Dr Bahrun Abubakar MPd menambahkan bahwa kesempatan ini diperuntukkan bagi lulusan S1 LPTK terakreditasi tahun 2011, 2012, dan 2013. Khusus bagi lulusan tahun 2013, apabila belum memiliki ijazah asli, diperbolehkan mendaftar dengan syarat memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari LPTK asalnya.

Selanjutnya Dr Bahrun mengingatkan agar mereka yang telah mendaftar secara online aktif mengikuti perkembangan informasi lebih lanjut, termasuk jadwal seleksi dan ujian yang rencananya akan dilakukan dalam bulan Agustus ini. Mereka yang lulus seleksi, diharuskan mengikuti masa pembekalan (prakondisi) di Unsyiah yang akan diselenggaran September 2013. Mereka yang lulus pembekalan akan diberangkan ke lokasi 3T terpilih pada awal Oktober 2013. Jumlah SM3T yang akan diterima FKIP Unsyiah sekitar 300 orang, sebagaimana penerimaan tahun lalu.

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar