Sabtu, 29 Juni 2013

Unsyiah Juara Umum MTQ Nasional Mahasiswa 2013




MUSABAQAH Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Mahasiswa 2013 di Padang yang berlangsung tanggal 22 Juni sampai 29 Juni 2013, di Universitas Andalas dan Universitas Nasional Pendidikan Padang telah berakhir. Unsyiah berhasil memperoleh rangking 1 atas nama Fauzan, mahasiswa Fakultas Kedokteran, untuk hifzil Quran 1 juz putra, rangking 3 untuk hifzil 2 juz putra atas nama Yulian, Fakultas Hukum, rangking 3 untuk hifzil 5 juz putra atas nama Arief dari Fakultas Kedokteran, dan harapan 3 hifzil 5 juz putri atas nama Aisyah Humaira, FMIPA-Informatika).

Untuk kategori lomba debat Bahasa Inggris, Unsyiah memperoleh rangking 2 atas nama Syahrial dari Fakultas Teknik, dan Dirgayana dari FMIPA-Kimia. Pada Lomba Fahmil Quran, Unsyiah rangking 3 atas nama Suciana, Nurul,dan Putri dari Fakultas Kedokteran.
Secara umum, Unsyiah mendapatkan peringkat 3 besar bersama UMI Makasar dan UNP Padang, peringkat 2 diraih Universitas Sumatera Utara, sedangkan peringkat 1 adalah Universitas Negeri Malang.

MTQ Nasional 2013 ini diikuti oleh 160 Universitas dari seluruh Indonesia. Unsyiah mengirimkan 23 peserta dan didampingi 8 pendamping. Peserta dari Unsyiah mengikuti 10 cabang lomba: tilawah, tartil, hifzil 1 juz, 2 juz, dan 5 juz, syarhil quran, fahmil quran, debat bahasa inggris, debat bahasa arab, serta Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Al-Quran.
Ketua kontingen MTQ Unsyiah, M Nasir Ibrahim, mengatakan dengan hasil ini Unsyiah memperoleh kembali juara umum setelah 25 tahun lalu mendapatkan juara umum pada waktu pelaksanaan di Unsyiah.

“Hal ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak yang terlibat dalam pembinaan selama ini, terutama LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran) Unsyiah, yang digagas sejak 3 tahun lalu,” lanjut Nasir.

Sementara itu Rektor Unsyiah, Profesor Samsul Rizal,  mengaku sangat senang dengan pencapaian kontingen MTQ Unsyiah kali ini. “Mahasiswa yang berhasil menjadi juara 1, 2, atau 3 dari MTQ ini akan kami bebaskan biaya pendidikannya (SPP) selama 2 semester ke depan,” kata Samsul.

sumber : Atjehpost.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar